Jenis Tanaman Hias Mudah Dibudidayakan untuk Pemula

Hingga saat ini aneka tanaman hias masih banyak dicari dan dibudidayakan. Kamu, sebagai pemula pun bisa mencoba aneka jenis tanaman hias mudah dibudidayakan baik itu sebagai hobi atau disiapkan sebagai cara investasi untuk masa yang akan datang.

Tak jarang mereka rela menggelontorkan dana hingga jutaan untuk mendapatkan tanaman hias terbaik. Namun bagi pemula ada baiknya belum saatnya main di kelas ini.

Pemula atau newbe ada baiknya untuk memilih jenis tanaman hias mudah dibudidayakan. Tujuannya lebih untuk menghindari kerugian yang besar. Meski demikian proses merawat dan membudidayakan tetap bisa di dapat.

Referensi dari Desy Yunita salah satu pemain lama tanaman hias di Jogja menyarankan. Setidaknya bagi pemula untuk memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli dan budidaya.

Ciri Tanaman Hias Mudah Dibudidayakan

Tanaman hias yang mudah dibudidayakan itu setidaknya memiliki beberapa ciri yang akan langsung terlihat. Bila ciri-ciri ini ada dan nampak hampir bisa dipastikan bila tanaman hias ini layak dibudidayakan bagi pemula sekalipun.

1. Tumbuh Disegala Musim

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki 2 musim baik itu musim panas maupau musim hujan. Aneka jenis tanaman yang bisa tumbuh di 2 kondisi ini maka besar kemungkinan mudah dibudidaya tanpa ribet.

Lain cerita bila tanaman itu musiman. Hanya tumbuh kembang di musim panas saja atau musim dingin saja maka harus lebih diperhatikan. Dengan demikian harus menyiapkan sesuatu untuk menjaga tanaman tetap hidup bila ada kondisi tidak sesuai.

2. Tidak Butuh Perlakukan Khusus

Kita sebagai manusia setidaknya dalam satu hari butuh 3 kali makan. Lain cerita dengan tanaman hias dimana mereka tidak harus diberi asupan sebanyak 3 kali dalam satu hari.

Terlebih seperti kaktus bisa jadi tanaman ini butuh air hanya beberapa hari sekali. Selebihnya cukup jaga kebersihan saja.

3. Tidak Butuh Media Tanam Khusus

Pilih pula aneka tanaman hias yang tidak membutuhkan media tanam khusus. Dengan demikian bisa tetap dibudidayakan baik itu menggunakan pot atau di tanam dalam tanah.

Bila memang ada satu tanaman hias yang membutuhkan media tanam khusus maka ini tidak cocok bagi pemula. Paling pas dibudidayakan oleh mereka yang telah cukup paham dalam seni memelihara tanaman hias saja.

Jenis Tanaman Hias Mudah Dibudidayakan

Kalau kita sudah mengetahui beberapa ciri tanaman hias yang mudah dibudidayakan maka kini saatnya menentukan jenis tanaman yang akan dirawat. Dan berikut setidaknya ada beberapa pilihan yang bisa dipilih untuk pemula.

1. Kaktus Hias

kaktus hias
8villages.com

Jenis tanaman ini pastinya sudah banyak dikenal di masyarakat luas. Jenisnya ada banyak dan hanya disarankan untuk jenis kaktus hias.

Sangat mudah merawat karena tanaman ini tidak membutuhkan perlakukan khusus. Dan hampir dipastikan semua orang bisa merawatnya selama ada kemauan.

Terlebih kita yang tinggal di tropis dimana sinar matahari tersedia sangat melimpah. Jenis tanaman ini juga memiliki daya tahan terhadap hama yang cukup kuat.

Jenis kaktus hias yang bisa dipilih antara lain ball cactus, haworthia cactus zebra, fairy castle, dan gymnocalycium. Tidak butuh ruang khusus, kalau kepepet pun bisa dibudidayakan di teras depan atau belakang rumah.

Kalau memang tidak ada tempat khusus bisa juga dibudidayakan di ruang tamu selama ada pot yang cantik. Dengan demikian tamu yang berkunjung pun akan mendapat pemandangan yang menyejukkan.

2. Kamboja Jepang

kamboja jepang
dayaternak.com

Bunga yang identik dengan tanaman di makam ini juga sangat mudah dibudidayakan. Tapi pastikan yang dibudidayakan bukanlah yang tumbuh di kuburan melainkan Kamboja Jepang.

Kamboja Jepang atau Adenium memiliki warna yang sangat cantik dengan ukuran batang / pohon yang tidak terlalu besar. Dengan demikian tetap bisa dibudidayakan di dalam pot.

Bagi mereka yang menyadari maka akan tahu bila Kamboja Jepang ini bisa hidup di daerah yang cukup panas. Selain itu pastinya tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga tidak akan menyita waktu dalam merawatnya.

3. Bougenville atau Bunga Kertas

bunga kertas
dekoruma.com

Selanjutnya ada bunga kertas atau Bougenville yang termasuk dalam jenis tanaman hias yang mudah dibudidayakan. Namun demikian hati-hati ketika akan memilih jenis bunga ini karena tanaman ini bisa tumbuh tinggi menjulang hingga 10 meter.

Tak mau budidaya tanaman hias dalam rumah dengan ukuran terlalu besar. Terlebih bila tujuannya ingin budidaya dan selanjutnya dijual.

Harus ada perhitungan kelak akan tumbuh seperti apa dan butuh media tanam apa. Idealnya tanaman hias dipilih memiliki tinggi tidak lebih dari satu meter dan masih bisa dibudidaya menggunakan pot. Dengan demikian saatnya kelak ganti tuan tidak terlalu repot.

4. Lili Paris

lili paris
tribunnews.com

Punya teras dan terlihat biasa saja mungkin ini saatnya memanfaatkan bunga Lili Paris. Tanaman ini sangat direkomendasikan untuk penghias pagar.

Cara ini juga pastinya akan lebih memudahkan bagi mereka yang minat untuk melihat apa yang kita punya. Pagar bukan lagi hanya sebagai media tumbuh, lebih dari itu juga adalah etalase gratis.

Jenis tanaman hias yang satu ini juga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang ada. Mau itu musim panas atau hujan tetap bisa menyokong tumbuh kembang jenis tanaman yang satu ini.

5. Euphorbia

tanaman Euphorbia
intisari.grid.id

Tanaman hias yang satu ini memiliki bentuk yang lucu dengan warna cerah. Tak aneh kemudian bila bunga Euphorbia memiliki banyak pecinta setia.

Bunga ini pun sangat cocok dibudidayakan di Indonesia yang memiliki jumlah intensitas panas yang banyak. Dengan demikian tak perlu takut untuk langsung budidaya.

Euphorbia konon berasal dari Afrika tapi bagi sebagian masyarakat Tionghoa dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Tak aneh bila masih ada yang meminati bunga indah dengan duri ini.

6. Lidah Mertua

lidah buaya
kompas.com

Tanaman hias lidah mertua juga menjadi opsi bagi pemula. Bentuk yang unik dan praktis dalam proses budidaya menjadi salah satu alasan jenis ini banyak dipilih.

Tanaman ini memiliki nama latin Sansevieria atau ada juga yang mengatakan snake plant bisa dibudidaya cukup dengan pot saja.

Bila jumlah tidak banyak maka bisa disiasati dengan meletakkan dipojokan rumah. Cara ini juga dipercaya bikin suasana makin adem dan cantik rumah pemiliknya.

7. Sirih Belanda

sirih belanda
kompas.com

Ada yang mengatakan Sirih Belanda atau ada juga yang mengatakan Sirih Gading, sejatinya itu merujuk pada satu tanaman hias yang sama. Pemilik nama latin Epipremnum Aureum ini sering dibudidayakan menggunakan pot dan di gantung di rumah.

Bagi mereka yang memiliki citarasa seni bisa jadi ini akan menjadi taman gantung yang begitu indah. Bila belum bisa pun tak apa setidaknya memang demikian banyak pemilik menempatkannya.

Khusus untuk tanaman Sirih Belanda ini perhatikan kadar air. Jangan sampai mengalami kekeringan dan kemudian mati.

8. Palem Pot

palem pot
gardener.id

Jenis palem-paleman pun kini banyak yang membudidayakan. Ingat, hanya pohon palem yang berukuran kecil karena famili pohon ini bisa menjulang sangat tinggi.

Tidak mau bukan, yang pada niat awal sebagai tanaman hias kemudian tumbuh besar dan bingung cara menebangnya. Tenis tanaman hias ini pun termasuk salah satu yang kuat karena tidak perlu tiap saat disiram.

Bagi mereka yang hanya memiliki satu dua maka biasanya akan ditempatkan di teras depan rumah. Namun bila ada banyak setidaknya pilih ruang yang ada di samping atau belakang rumah.

9. Sri Rejeki

tanaman hias sri rejeki
tribunnews.com

Konon, jenis tanaman ini sangat disuka karena mampu mendatangkan rezeki bagi pemiliknya. Percaya tidak percaya, itu yang masih terjadi pada sebagian masyarakat.

Jenis tanaman hias Sri Rejeki pun ada banyak pilihan. Jenis yang paling banyak dibudidayakan antara lain sinar bulan, bidadari, pride of Sumatra, legacy, red kochim, dud anjamani, lipstik dan lady valentine.

Apapun pilihan kamu pastikan itu bisa menambah keindahan. Memberi aura positif dan bikin betah berlama-lama tentunya.

Aneka jenis tanaman hias mudah dibudidayakan diatas bisa dipelihara di sekitar rumah. Bila tidak ada tempat khusus pastinya butuh satu cara untuk menempatkannya.

Paling penting adalah menjaga kebersihan tanaman dan lingkungan sekitar. Jangan sampai kotor dan pada akhirnya tanaman rusak.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *